Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Topik 3


1.      Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

Saya telah memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana metode pembelajaran yang mempertimbangkan sudut pandang sosiokultural dari siswa. Salah satu contohnya adalah video inspiratif tentang "Pengejar Bumi Petani" di Provinsi Lampung yang saya temui. Dari pengalaman itu, saya menyadari pentingnya persiapan diri seorang guru dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi. Saya percaya bahwa pembelajaran yang efektif haruslah sensitif terhadap konteks sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh siswa.

2.      Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?

Topik ini mengulas interaksi manusia dengan SES (Status Ekonomi Sosial) yang terkait dengan pendekatan sosiokultural Vygotsky di dalam konteks kelas. Vygotsky meyakini bahwa karakteristik kelas, sifat kelas, dan variasi di dalam kelas dapat memengaruhi pembentukan identitas manusia. Ada lima fenomena penting yang berkontribusi terhadap pembentukan identitas ini :

- Kegiatan Budaya

- Artefak Fisik

- Fenomena Psikologis

- Nilai-nilai budaya, skema, makna, dan konsep

- Proses aktif manusia dalam membangun fenomena budaya tersebut

3.      Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?

Kami sebagai kelompok mengadakan diskusi mendalam serta menyampaikan pandangan masing-masing tentang berbagai aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhi proses pembelajaran. Diskusi ini bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai pandangan-pandangan tersebut. Melalui proses diskusi dan rangkuman, kami berusaha mencapai pemahaman yang sama tentang bagaimana perspektif ini dapat diterapkan dalam praktik pendidikan. Dari hasil diskusi ini, saya mendapatkan wawasan yang berharga tentang kesiapan rekan-rekan kelompok dalam menerapkan berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang sesuai dengan perspektif sosiokultural untuk kepentingan peserta didik.


 

4.      Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri) ?

Dalam topik ini, kami sebagai kelompok menyampaikan presentasi mengenai isu-isu yang telah kami bahas sebelumnya. Setelah presentasi, kami membuka kesempatan bagi anggota kelompok lain untuk memberikan tanggapan dan pandangan mereka. Kemudian, kami berdiskusi bersama untuk membahas tanggapan dan masukan yang diberikan. Melalui proses diskusi antarkelompok, kami dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dalam pendapat mengenai penerapan metode perspektif dalam pembelajaran.

5.      Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini ? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ?

Setelah menyelesaikan sesi pembelajaran, pemahaman saya terhadap topik ini adalah bahwa berbagai faktor perspektif sosiokultural mempresentasikan tantangan yang berbeda dalam pengaplikasiannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai pendidik, penting bagi kita untuk siap dan fleksibel dalam menghadapi perubahan serta tantangan yang mungkin timbul di sepanjang proses pembelajaran.

Setelah menjelajahi topik ini, satu hal yang menjadi jelas adalah bahwa sebagai pendidik, kita akan dihadapkan pada sejumlah tantangan saat berinteraksi dengan peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana merancang strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, yang dipengaruhi oleh latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik mereka.

Saya tertarik untuk mendalami lebih lanjut tentang ragam sudut pandang perspektif sosiokultural dan cara mengaplikasikannya dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik di lingkungan sekolah.

6.      Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain ?

·         Filosofi Pendidikan

Identitas masyarakat indonesia memiliki keunikan dan khas yang beragam diantaranya, budaya, sosial, ekonomi dan politik. Guru harus dapat memahami latar belakang keberagaman yang ada pada peserta didik.

·         Pemahaman Peserta Didik

guru harus memahami setiap latar belakang peserta didik agar dapat tercipta pembelajaran yang efektif.

·         Prinsip Pembelajaran dan Asesmen

Guru diharapkan bisa membuat rancangan pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang beragam.

·         Perspektif Sosiokultural

mempelajari mengenai sosial dan budaya masyarakat di lingkungan tertentu yang mengatur perilaku setiap individu.

7.      Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru ? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya ? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal ?

Bagi saya, setelah menyelami topik ini, saya merasakan manfaatnya dengan pemahaman yang lebih mendalam bahwa sebagai seorang guru, sangat penting untuk merancang pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik, sambil mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhinya.

Berdasarkan penilaian saya dari skala 1 hingga 10, saya menempatkan kesiapan saya saat ini di angka 7. Saya menyadari masih perlu mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana menerapkan perspektif sosiokultural secara konkret dalam proses pembelajaran.

Komentar