Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Topik 3
1.
Apa yang Anda
pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ?
Saya telah memperoleh pemahaman
mendalam tentang bagaimana metode pembelajaran yang mempertimbangkan sudut
pandang sosiokultural dari siswa. Salah satu contohnya adalah video inspiratif
tentang "Pengejar Bumi Petani" di Provinsi Lampung yang saya temui.
Dari pengalaman itu, saya menyadari pentingnya persiapan diri seorang guru
dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi. Saya percaya bahwa
pembelajaran yang efektif haruslah sensitif terhadap konteks sosial, budaya,
ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh siswa.
2.
Apa yang Anda
pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?
Topik ini mengulas interaksi
manusia dengan SES (Status Ekonomi Sosial) yang terkait dengan pendekatan
sosiokultural Vygotsky di dalam konteks kelas. Vygotsky meyakini bahwa
karakteristik kelas, sifat kelas, dan variasi di dalam kelas dapat memengaruhi
pembentukan identitas manusia. Ada lima fenomena penting yang berkontribusi
terhadap pembentukan identitas ini :
- Kegiatan Budaya
- Artefak Fisik
- Fenomena Psikologis
- Nilai-nilai budaya, skema,
makna, dan konsep
- Proses aktif manusia dalam
membangun fenomena budaya tersebut
3.
Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?
Kami sebagai kelompok mengadakan
diskusi mendalam serta menyampaikan pandangan masing-masing tentang berbagai
aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhi proses
pembelajaran. Diskusi ini bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai
pandangan-pandangan tersebut. Melalui proses diskusi dan rangkuman, kami
berusaha mencapai pemahaman yang sama tentang bagaimana perspektif ini dapat
diterapkan dalam praktik pendidikan. Dari hasil diskusi ini, saya mendapatkan
wawasan yang berharga tentang kesiapan rekan-rekan kelompok dalam menerapkan
berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang sesuai dengan perspektif
sosiokultural untuk kepentingan peserta didik.
4.
Apa hal penting
yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri) ?
Dalam topik ini, kami sebagai
kelompok menyampaikan presentasi mengenai isu-isu yang telah kami bahas
sebelumnya. Setelah presentasi, kami membuka kesempatan bagi anggota kelompok
lain untuk memberikan tanggapan dan pandangan mereka. Kemudian, kami berdiskusi
bersama untuk membahas tanggapan dan masukan yang diberikan. Melalui proses
diskusi antarkelompok, kami dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan
dalam pendapat mengenai penerapan metode perspektif dalam pembelajaran.
5.
Sejauh ini, apa
yang sudah Anda pahami tentang topik ini ? Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang
ingin Anda pelajari lebih lanjut ?
Setelah menyelesaikan sesi
pembelajaran, pemahaman saya terhadap topik ini adalah bahwa berbagai faktor
perspektif sosiokultural mempresentasikan tantangan yang berbeda dalam
pengaplikasiannya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai pendidik, penting
bagi kita untuk siap dan fleksibel dalam menghadapi perubahan serta tantangan
yang mungkin timbul di sepanjang proses pembelajaran.
Setelah menjelajahi topik ini,
satu hal yang menjadi jelas adalah bahwa sebagai pendidik, kita akan dihadapkan
pada sejumlah tantangan saat berinteraksi dengan peserta didik. Oleh karena
itu, penting bagi guru untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana
merancang strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan belajar peserta didik, yang dipengaruhi oleh latar belakang sosial,
budaya, ekonomi, dan politik mereka.
Saya tertarik untuk mendalami
lebih lanjut tentang ragam sudut pandang perspektif sosiokultural dan cara
mengaplikasikannya dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik di
lingkungan sekolah.
6.
Apa yang Anda
pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun
dengan mata kuliah lain ?
·
Filosofi Pendidikan
Identitas
masyarakat indonesia memiliki keunikan dan khas yang beragam diantaranya,
budaya, sosial, ekonomi dan politik. Guru harus dapat memahami latar belakang
keberagaman yang ada pada peserta didik.
·
Pemahaman Peserta
Didik
guru
harus memahami setiap latar belakang peserta didik agar dapat tercipta
pembelajaran yang efektif.
·
Prinsip Pembelajaran
dan Asesmen
Guru
diharapkan bisa membuat rancangan pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik yang beragam.
·
Perspektif
Sosiokultural
mempelajari
mengenai sosial dan budaya masyarakat di lingkungan tertentu yang mengatur
perilaku setiap individu.
7.
Apa manfaat
pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru ? Bagaimana Anda menilai
kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya ? Apa yang perlu Anda
persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal ?
Bagi saya, setelah menyelami
topik ini, saya merasakan manfaatnya dengan pemahaman yang lebih mendalam bahwa
sebagai seorang guru, sangat penting untuk merancang pembelajaran yang
mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik, sambil mempertimbangkan perspektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhinya.
Berdasarkan penilaian saya dari
skala 1 hingga 10, saya menempatkan kesiapan saya saat ini di angka 7. Saya
menyadari masih perlu mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana menerapkan
perspektif sosiokultural secara konkret dalam proses pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar